Profil RS Umum Catharina 1914

Sebagai Rumah Sakit Umum kelas D, RS Umum Catharina 1914 yang dimiliki oleh SWASTA/LAINNYA berperan sebagai pusat rujukan medis di Asahan. Beralamat di Jl sech silau lk v, Kel. sei renggas kec, kota kisaran barat dan dipimpin oleh DR.dr. Elman Boy, MKes, Sp.KKPL, Subsp FOMC, rumah sakit ini dilengkapi fasilitas memadai dan berstatus Non BLU/BLUD.

Informasi Umum dan Lokasi Rumah sakit

Alamat
Jl sech silau lk v, Kel. sei renggas kec, kota kisaran barat

Kabupaten
Asahan

Provinsi
Sumatera Utara

Telepon
062341579

Email
rs.ibukartini.bpjs@gmail.com

Direktur
DR.dr. Elman Boy, MKes, Sp.KKPL, Subsp FOMC

Kelas
D

Jenis RS
Rumah Sakit Umum

Pemilik
SWASTA/LAINNYA

Status BLU/BLUD
Non BLU/BLUD

Kapasitas Tempat Tidur

VIP
2
Tempat Tidur

Kelas I
7
Tempat Tidur

Kelas II
25
Tempat Tidur

Kelas III
26
Tempat Tidur

Isolasi
2
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

Isolasi Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

Isolasi Tanpa Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

NICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

PICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

IGD Khusus Covid
0
Tempat Tidur

VK (TT Observasi di R Bersalin) Khusus Covid
0
Tempat Tidur

Isolasi Perinatologi Khusus Covid
0
Tempat Tidur

Jam Buka Rumah Sakit

Hari Buka Tutup
Senin00:0024:00
Selasa00:0024:00
Rabu00:0024:00
Kamis00:0024:00
Jum'at00:0024:00
Sabtu00:0024:00
Minggu00:0024:00

Ketentuan Jam Besuk Pasien

Kunjungan pasien hanya diperbolehkan pada waktu tertentu yang telah ditetapkan oleh rumah sakit, biasanya pada pukul 11.00–13.00 WIB dan 17.00–19.00 WIB. Pengunjung di luar jam tersebut tidak diperkenankan masuk demi menjaga waktu istirahat pasien serta kelancaran tindakan medis yang sedang berlangsung.

Informasi tambahan jam besuk:

  • Etika Kunjungan Pasien: Saat berkunjung, usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak orang agar ruangan tetap nyaman dan tidak sesak. Gunakan waktu kunjungan untuk memberikan dukungan moral dengan kata-kata positif. Jangan berlama-lama di ruangan agar pasien tetap memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan pulih.
  • Kewajiban Mematuhi Kebijakan Khusus Unit: Beberapa unit seperti ICU atau NICU memiliki aturan kunjungan lebih ketat, pengunjung wajib mengikuti kebijakan khusus tersebut.
  • Larangan Membawa Makanan Tertentu: Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dengan bau menyengat atau yang dilarang dokter. Hal ini bertujuan menjaga kondisi ruangan tetap nyaman dan sesuai dengan diet yang dianjurkan kepada pasien.
  • Larangan Membawa Alkohol: Minuman beralkohol tidak diperkenankan masuk ke area rumah sakit demi menjaga kesehatan pasien.
  • Panduan Berkunjung: Sebelum masuk ke ruang perawatan, pengunjung wajib memastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak sedang mengalami gejala flu, batuk, atau demam. Selain itu, jangan membawa makanan atau minuman tanpa izin tenaga medis, serta selalu hormati privasi pasien lain yang berada dalam satu ruangan.

Layanan Medis

Pelayanan Gawat Darurat Umum 24 jam & 7 hari seminggu

Instalasi Gawat Darurat (IGD) atau Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit. IGD/UGD adalah bagian dari rumah sakit yang menyediakan penanganan awal untuk pasien yang mengalami kondisi gawat dan darurat, dengan tujuan menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan.

Penyakit dalam

layanan medis yang ditujukan untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah berbagai penyakit pada organ dalam tubuh manusia, terutama pada orang dewasa dan lansia. Dokter spesialis penyakit dalam (internis) memiliki keahlian dalam menangani berbagai kondisi kompleks yang melibatkan organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan sistem pencernaan.

Kesehatan anak

upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan anak, mulai dari bayi baru lahir hingga usia remaja. Tujuannya adalah memastikan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, serta memiliki kualitas hidup yang baik. Pelayanan ini mencakup berbagai aspek, seperti pemantauan tumbuh kembang, imunisasi, penanganan penyakit, dan promosi kesehatan.

Bedah

tindakan medis yang melibatkan prosedur bedah (operasi) untuk mendiagnosis, mengobati, atau memperbaiki masalah kesehatan pada pasien. Pelayanan ini mencakup berbagai jenis operasi, mulai dari yang terencana (elektif) hingga yang mendesak (cito), dan ditangani oleh dokter bedah serta tim medis yang terlatih.

Obstetri dan ginekologi

cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada kesehatan reproduksi wanita, termasuk kehamilan, persalinan, dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita.

Anestesi

pelayanan medis yang berfokus pada pemberian anestesi (pembiusan) kepada pasien sebelum, selama, dan setelah prosedur medis atau pembedahan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit, serta mengontrol fungsi tubuh pasien selama prosedur tersebut. Layanan ini mencakup konsultasi, manajemen anestesi, pemantauan pasien, dan penanganan nyeri.

Paru

Layanan yang menangani penyakit paru-paru dan sistem pernapasan, seperti asma, PPOK, TBC, dan pneumonia. Biasanya dilayani oleh spesialis paru (pulmonolog).

Telinga Hidung Tenggorok Kepala Leher

Dokter spesialis THT-KL (Telinga, Hidung, Tenggorok, Kepala, Leher) menangani berbagai masalah kesehatan di area tersebut, termasuk gangguan pendengaran, sinusitis, alergi hidung, radang tenggorokan, dan masalah tidur seperti apnea tidur.

Pelayanan farmasi

Unit yang menyediakan pengelolaan dan distribusi obat-obatan sesuai resep dokter, termasuk penjaminan mutu obat dan edukasi penggunaan obat kepada pasien.

Sterilisasi / CSSD

Bagian yang bertanggung jawab terhadap sterilisasi alat-alat medis dan bedah untuk memastikan bebas dari mikroorganisme. Penting untuk pencegahan infeksi nosokomial.

Rekam medis dan informasi kesehatan

Unit yang mengelola pencatatan, penyimpanan, dan pengelolaan data pasien dan pelayanan medis. Mendukung kelancaran administrasi dan pengambilan keputusan klinis.

Pemeliharaan Sarana, Prasarana dan fasilitas

Bagian yang bertugas memelihara infrastruktur fisik rumah sakit, termasuk bangunan, listrik, air, dan peralatan medis, agar selalu dalam kondisi operasional optimal.

Sistem informasi dan komunikasi / SIRS / IT

Menyediakan sistem informasi rumah sakit (SIRS), teknologi informasi (IT), dan jaringan komunikasi. Mendukung efisiensi operasional, pencatatan medis, dan pelayanan pasien secara digital.

Jadwal Dokter Rumah Sakit

Jadwal dokter belum tersedia.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Jumlah
Dokter Umum 6
Penyakit dalam 1
Kesehatan anak 1
Telinga Hidung Tenggorokan 1
Paru 1
Apoteker 1
Asisten Apoteker 2
D3 Keperawatan 16
D3 Kebidanan 8
Nutrisionis 1
D3 Analis Kesehatan 1
Ners 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *