Profil RS Khusus Bedah Mitra Ariva

RS Khusus Bedah Mitra Ariva melayani masyarakat dengan komitmen tinggi terhadap mutu dan keselamatan pasien. Terletak di Jl. Raya Ajibarang WetanAjibarang Banyumas dan dipimpin oleh dr. Khuriyatun Nadhifah, rumah sakit ini berstatus Non BLU/BLUD.

Informasi Umum dan Lokasi Rumah sakit

Alamat
Jl. Raya Ajibarang WetanAjibarang Banyumas

Kabupaten
Banyumas

Provinsi
Jawa Tengah

Telepon
0281571328

Email
rskbmitraariva@ymail.com

Direktur
dr. Khuriyatun Nadhifah

Kelas
C

Jenis RS
Rumah Sakit Khusus Bedah

Pemilik
Perusahaan

Status BLU/BLUD
Non BLU/BLUD

Kapasitas Tempat Tidur

VIP
2
Tempat Tidur

Kelas I
3
Tempat Tidur

Kelas II
4
Tempat Tidur

Kelas III
12
Tempat Tidur

Isolasi
2
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

Isolasi Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

Isolasi Tanpa Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

NICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

PICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

IGD Khusus Covid
0
Tempat Tidur

VK (TT Observasi di R Bersalin) Khusus Covid
0
Tempat Tidur

Isolasi Perinatologi Khusus Covid
0
Tempat Tidur

ICU Dengan Ventilator
2
Tempat Tidur

Jam Buka Rumah Sakit

Hari Buka Tutup
Senin00:0024:00
Selasa00:0024:00
Rabu00:0024:00
Kamis00:0024:00
Jum'at00:0024:00
Sabtu00:0024:00
Minggu00:0024:00

Jam Kunjungan Resmi

Jam besuk pasien ditetapkan pada pukul 09.00–11.00 WIB dan 17.00–19.00 WIB. Kehadiran pengunjung di luar waktu tersebut tidak diperkenankan demi menjaga kondisi pasien agar tetap mendapatkan istirahat yang cukup dan perawatan berjalan optimal.

Informasi tambahan jam besuk:

  • Etika Kunjungan Pasien: Saat berkunjung, usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak orang agar ruangan tetap nyaman dan tidak sesak. Gunakan waktu kunjungan untuk memberikan dukungan moral dengan kata-kata positif. Jangan berlama-lama di ruangan agar pasien tetap memiliki cukup waktu untuk beristirahat dan pulih.
  • Etika Memberi Hadiah: Jika ingin memberikan hadiah, pilihlah yang sesuai dan diperbolehkan, seperti buah-buahan tertentu atau kartu ucapan.
  • Batasan Barang Bawaan: Barang bawaan pengunjung sebaiknya sederhana dan tidak berlebihan. Rumah sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi pengunjung.
  • Pembatasan Jumlah Pengunjung: Dalam satu waktu, hanya diperkenankan maksimal dua orang pengunjung yang masuk ke ruang perawatan. Hal ini untuk menjaga kenyamanan pasien serta memudahkan tenaga medis dalam memberikan layanan.
  • Larangan Membawa Anak Kecil: Anak-anak di bawah usia 12 tahun sebaiknya tidak ikut serta dalam kunjungan pasien, karena daya tahan tubuh mereka masih lemah dan berisiko tertular penyakit dari lingkungan rumah sakit.

Layanan Medis

Pelayanan medik dasar / umum

layanan kesehatan yang diberikan kepada individu atau keluarga di tingkat dasar, biasanya oleh dokter umum atau dokter gigi. Pelayanan ini mencakup berbagai masalah kesehatan dan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan individu

Pelayanan medik gigi mulut

berbagai tindakan dan perawatan yang diberikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta mengatasi masalah yang berkaitan dengan gigi, gusi, dan jaringan di sekitarnya. Pelayanan ini mencakup tindakan promotif, preventif, dan kuratif sederhana untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut individu, kelompok, dan masyarakat.

Pelayanan Gawat Darurat Umum 24 jam & 7 hari seminggu

Instalasi Gawat Darurat (IGD) atau Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit. IGD/UGD adalah bagian dari rumah sakit yang menyediakan penanganan awal untuk pasien yang mengalami kondisi gawat dan darurat, dengan tujuan menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan.

Penyakit dalam

layanan medis yang ditujukan untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah berbagai penyakit pada organ dalam tubuh manusia, terutama pada orang dewasa dan lansia. Dokter spesialis penyakit dalam (internis) memiliki keahlian dalam menangani berbagai kondisi kompleks yang melibatkan organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan sistem pencernaan.

Bedah

tindakan medis yang melibatkan prosedur bedah (operasi) untuk mendiagnosis, mengobati, atau memperbaiki masalah kesehatan pada pasien. Pelayanan ini mencakup berbagai jenis operasi, mulai dari yang terencana (elektif) hingga yang mendesak (cito), dan ditangani oleh dokter bedah serta tim medis yang terlatih.

Anestesi

pelayanan medis yang berfokus pada pemberian anestesi (pembiusan) kepada pasien sebelum, selama, dan setelah prosedur medis atau pembedahan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit, serta mengontrol fungsi tubuh pasien selama prosedur tersebut. Layanan ini mencakup konsultasi, manajemen anestesi, pemantauan pasien, dan penanganan nyeri.

Radiologi

Unit pemeriksaan pencitraan untuk membantu diagnosis, seperti rontgen, USG, CT scan, dan MRI. Ditangani oleh spesialis radiologi.

Patologi Klinik

cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis penyakit melalui pemeriksaan berbagai spesimen biologis seperti darah, urin, dan jaringan tubuh lainnya. Tujuannya adalah membantu dokter dalam mendiagnosis, memantau, dan mengobati penyakit.

Elektromedik diagnostik (EKG/EEG/EEG Brain Mapping)

Unit yang menyediakan pemeriksaan penunjang untuk sistem jantung dan saraf

Pelayanan farmasi

Unit yang menyediakan pengelolaan dan distribusi obat-obatan sesuai resep dokter, termasuk penjaminan mutu obat dan edukasi penggunaan obat kepada pasien.

Sterilisasi / CSSD

Bagian yang bertanggung jawab terhadap sterilisasi alat-alat medis dan bedah untuk memastikan bebas dari mikroorganisme. Penting untuk pencegahan infeksi nosokomial.

Rekam medis dan informasi kesehatan

Unit yang mengelola pencatatan, penyimpanan, dan pengelolaan data pasien dan pelayanan medis. Mendukung kelancaran administrasi dan pengambilan keputusan klinis.

Pemeliharaan Sarana, Prasarana dan fasilitas

Bagian yang bertugas memelihara infrastruktur fisik rumah sakit, termasuk bangunan, listrik, air, dan peralatan medis, agar selalu dalam kondisi operasional optimal.

Pengelolaan limbah / kesehatan lingkungan

Unit yang mengelola limbah medis dan non-medis sesuai standar kesehatan lingkungan. Termasuk pengolahan limbah B3, pengendalian vektor, sanitasi, dan kebersihan lingkungan rumah sakit.

Sistem informasi dan komunikasi / SIRS / IT

Menyediakan sistem informasi rumah sakit (SIRS), teknologi informasi (IT), dan jaringan komunikasi. Mendukung efisiensi operasional, pencatatan medis, dan pelayanan pasien secara digital.

Pemulasaran jenazah

Layanan perawatan jenazah, meliputi pemandian, pengkafanan, penyimpanan jenazah, hingga penyerahan kepada keluarga atau proses pemakaman sesuai standar medis dan agama.

Laundry

Layanan pencucian linen rumah sakit seperti sprei, baju pasien, seragam tenaga medis, gorden, dan kain operasi. Sangat penting untuk mendukung sanitasi dan mencegah infeksi silang.

Intensive care

Layanan perawatan intensif bagi pasien dewasa yang dalam kondisi kritis dan membutuhkan pemantauan ketat serta alat bantu hidup. Biasanya dilakukan di ICU (Intensive Care Unit).

Nyeri

Layanan manajemen nyeri kronik atau akut melalui pendekatan multidisiplin seperti obat-obatan, blok saraf, fisioterapi, dan terapi nyeri intervensional.

Anestesi dan terapi intensif

Pelayanan anestesi untuk tindakan bedah serta perawatan intensif di ruang ICU, termasuk manajemen nyeri, sedasi, dan pengawasan fungsi vital pasien kritis.

Medical Check Up

Pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk mendeteksi dini penyakit atau gangguan kesehatan. Paket MCU biasanya mencakup pemeriksaan fisik, laboratorium, radiologi, EKG, dan konsultasi dokter.

Jadwal Dokter Rumah Sakit

Jadwal dokter belum tersedia.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Jumlah
Dokter Umum 6
Dokter Gigi 3
Penyakit dalam 1
Anestesiologi 1
Apoteker 1
D3 Keperawatan 7
D3 Kebidanan 3
D3 Analis Kesehatan 2
Radiografer 1
Ners 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *