Profil RS Jiwa Dharmawangsa

RS Jiwa Dharmawangsa adalah simbol pelayanan kesehatan profesional di Kota Jakarta Selatan. Dengan status Non BLU/BLUD dan pengelolaan oleh Organisasi Sosial, rumah sakit ini terus berkembang.

Informasi Umum dan Lokasi Rumah sakit

Alamat
Jl. Darmawangsa Raya Blok P/ II No.13, Kelurahan Pulo Kecamatan Kebayoran Baru Kotamadya Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta

Kabupaten
Kota Jakarta Selatan

Provinsi
DKI Jakarta

Telepon
7394484

Email
sanatoriumdharmawangsa@gmail.com

Website
http://dharmawangsa.org/

Direktur
DR. Dr. Enrico Adhitya Rinaldi, M.A.R.S.,M.H.,M.M.,CPM (Asia).,FISQua

Kelas
C

Jenis RS
Rumah Sakit Khusus Jiwa

Pemilik
Organisasi Sosial

Status BLU/BLUD
Non BLU/BLUD

Kapasitas Tempat Tidur

VVIP/ Super VIP
7
Tempat Tidur

VIP
2
Tempat Tidur

Kelas I
8
Tempat Tidur

Kelas II
5
Tempat Tidur

Kelas III
8
Tempat Tidur

Jam Buka Rumah Sakit

Hari Buka Tutup
Senin00:0024:00
Selasa00:0024:00
Rabu00:0024:00
Kamis00:0024:00
Jum'at00:0024:00
Sabtu00:0024:00
Minggu00:0024:00

Informasi Jam Besuk dan Syaratnya

Pengunjung hanya diperkenankan masuk pada waktu yang telah ditetapkan, misalnya pukul 12.00–14.00 WIB di siang hari dan 18.00–20.00 WIB pada malam hari. Demi kesehatan pasien, makanan berlemak, pedas, atau tidak sesuai anjuran dokter tidak diperbolehkan dibawa ke dalam ruangan.

Informasi tambahan jam besuk:

  • Durasi Maksimal Kunjungan: Setiap pengunjung diharapkan tidak berlama-lama di dalam ruangan pasien, dengan durasi maksimal 20 menit. Pembatasan waktu ini penting untuk memastikan pasien tetap memiliki waktu istirahat yang cukup.
  • Pembatasan Jumlah Pengunjung: Dalam satu waktu, hanya diperkenankan maksimal dua orang pengunjung yang masuk ke ruang perawatan. Hal ini untuk menjaga kenyamanan pasien serta memudahkan tenaga medis dalam memberikan layanan.
  • Aturan Masuk Ruang Perawatan: Setiap pengunjung diwajibkan menggunakan masker selama berada di dalam area rumah sakit. Bunga segar atau barang lain yang berpotensi membawa kuman tidak diperkenankan dibawa masuk. Lama kunjungan juga dibatasi maksimal 15 menit agar pasien dapat beristirahat dengan tenang.
  • Batasan Barang Bawaan: Barang bawaan pengunjung sebaiknya sederhana dan tidak berlebihan. Rumah sakit tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang pribadi pengunjung.
  • Registrasi Sebelum Masuk: Pengunjung diwajibkan melapor dan mendaftar di meja informasi atau security sebelum masuk ke ruang pasien. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan serta mencatat jumlah pengunjung yang masuk.

Layanan Medis

Patologi Klinik

cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis penyakit melalui pemeriksaan berbagai spesimen biologis seperti darah, urin, dan jaringan tubuh lainnya. Tujuannya adalah membantu dokter dalam mendiagnosis, memantau, dan mengobati penyakit.

Kedokteran Jiwa / Psikiatri/ Psikogeriatri/ NAPZA

Psikiatri: Penanganan gangguan mental seperti depresi, skizofrenia, bipolar, Psikogeriatri: Fokus pada gangguan jiwa pada lansia (misal demensia, Alzheimer),NAPZA: Penanganan pasien dengan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Pelayanan kesehatan jiwa dewasa

Layanan psikiatri untuk orang dewasa yang mengalami gangguan mental seperti depresi, kecemasan, bipolar, skizofrenia, dll.

Pelayanan kesehatan jiwa lansia

Fokus pada gangguan jiwa yang dialami oleh usia lanjut, seperti demensia, Alzheimer, dan depresi pada lansia. Biasanya masuk dalam cabang psikogeriatri.

Gangguan mental organik

Layanan untuk menangani gangguan jiwa akibat kerusakan otak atau kondisi medis tertentu, misalnya: delirium, demensia, atau gangguan akibat trauma otak.

Pelayanan psikologi dan psikometri

Psikologi: Konseling dan asesmen untuk masalah psikologis seperti stres, trauma, atau gangguan perilaku, Psikometri: Pengujian kemampuan kognitif dan kepribadian dengan alat ukur standar, seperti IQ test, tes kepribadian, tes perkembangan anak.

Pelayanan kesehatan jiwa masyarakat

Pendekatan promotif dan preventif untuk kesehatan jiwa di tingkat komunitas, seperti edukasi, skrining gangguan mental, dan intervensi berbasis masyarakat.

Pelayanan konseling dan psikoterapi

Layanan terapi bicara oleh psikolog atau psikiater untuk membantu pasien mengatasi masalah emosional, kepribadian, trauma, dan gangguan jiwa melalui teknik psikoterapeutik.

Pelayanan farmasi

Unit yang menyediakan pengelolaan dan distribusi obat-obatan sesuai resep dokter, termasuk penjaminan mutu obat dan edukasi penggunaan obat kepada pasien.

Rekam medis dan informasi kesehatan

Unit yang mengelola pencatatan, penyimpanan, dan pengelolaan data pasien dan pelayanan medis. Mendukung kelancaran administrasi dan pengambilan keputusan klinis.

Pemeliharaan Sarana, Prasarana dan fasilitas

Bagian yang bertugas memelihara infrastruktur fisik rumah sakit, termasuk bangunan, listrik, air, dan peralatan medis, agar selalu dalam kondisi operasional optimal.

Pengelolaan limbah / kesehatan lingkungan

Unit yang mengelola limbah medis dan non-medis sesuai standar kesehatan lingkungan. Termasuk pengolahan limbah B3, pengendalian vektor, sanitasi, dan kebersihan lingkungan rumah sakit.

Isolasi Pasien Gaduh Gelisah

Layanan khusus untuk pasien dengan gangguan psikiatri atau kondisi medis yang menyebabkan agitasi hebat, agar tidak membahayakan diri sendiri atau orang lain. Biasanya memerlukan ruangan isolasi dengan pengawasan ketat.

Jadwal dokter tidak ditemukan.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Jumlah
Patologi Klinik 1
Kedokteran Jiwa / Psikiatri 19
Apoteker 1
Asisten Apoteker 2
D3 Keperawatan 13
Nutrisionis 1
D3 Analis Kesehatan 2
Pekerja sosial 1
Perekam Medis dan Informasi Kesehatan 1
SDM Administrasi 16
Ners 1
Tenaga Non Kesehatan Lainnya 32

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *