Profil RS Umum Permata Hati

RS Umum Permata Hati memiliki fasilitas lengkap dan sumber daya manusia unggul. Rumah sakit ini berstatus Non BLU/BLUD dan berlokasi strategis di Jl. Ir. H. Juanda No. 21 Kisaran.

Informasi Umum dan Lokasi Rumah sakit

Alamat
Jl. Ir. H. Juanda No. 21 Kisaran

Kabupaten
Asahan

Provinsi
Sumatera Utara

Telepon
81360101887

Email
rspermatahati21@gmail.com

Direktur
dr. Harist Hamonangan,M.KM

Kelas
D

Jenis RS
Rumah Sakit Umum

Pemilik
Perusahaan

Status BLU/BLUD
Non BLU/BLUD

Kapasitas Tempat Tidur

VVIP/ Super VIP
4
Tempat Tidur

VIP
5
Tempat Tidur

Kelas I
10
Tempat Tidur

Kelas II
19
Tempat Tidur

Kelas III
36
Tempat Tidur

NICU Tanpa Ventilator
5
Tempat Tidur

Isolasi
5
Tempat Tidur

Perinatologi
5
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tekanan Negatif tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Dengan Ventilator
0
Tempat Tidur

ICU Tanpa Tekanan Negatif Tanpa Ventilator
0
Tempat Tidur

Isolasi Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

Isolasi Tanpa Tekanan Negatif
0
Tempat Tidur

NICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

PICU Khusus Covid
0
Tempat Tidur

IGD Khusus Covid
0
Tempat Tidur

VK (TT Observasi di R Bersalin) Khusus Covid
0
Tempat Tidur

ICU Dengan Ventilator
3
Tempat Tidur

Jam Buka Rumah Sakit

Hari Buka Tutup
Senin00:0024:00
Selasa00:0024:00
Rabu00:0024:00
Kamis00:0024:00
Jum'at00:0024:00
Sabtu00:0024:00
Minggu00:0024:00

Jam Besuk Resmi

Jam kunjungan pasien resmi ditetapkan pukul 09.00–11.00 WIB dan 15.00–17.00 WIB. Seluruh keluarga atau kerabat diminta mengikuti aturan ini untuk menjaga suasana ruang rawat tetap tenang dan mendukung pemulihan pasien.

Informasi tambahan jam besuk:

  • Larangan Mengambil Foto Tanpa Izin: Mengambil gambar atau video pasien maupun fasilitas rumah sakit tanpa izin dilarang keras, demi menjaga privasi dan keamanan pasien.
  • Etika Memberi Hadiah: Jika ingin memberikan hadiah, pilihlah yang sesuai dan diperbolehkan, seperti buah-buahan tertentu atau kartu ucapan.
  • Kewajiban Memakai Masker: Setiap pengunjung yang memasuki area rumah sakit wajib mengenakan masker dengan benar, menutupi hidung dan mulut. Aturan ini diterapkan untuk meminimalisir risiko penularan penyakit, terutama bagi pasien dengan kondisi imun yang lemah.
  • Tanggung Jawab Pengunjung: Setiap pengunjung bertanggung jawab atas perilaku dan barang bawaannya selama berada di area rumah sakit.
  • Etika Memberikan Dukungan kepada Pasien: Gunakan waktu kunjungan untuk memberikan dukungan positif, semangat, dan doa kepada pasien. Hindari pembicaraan yang membuat pasien stres atau tertekan.

Layanan Medis

Pelayanan medik dasar / umum

layanan kesehatan yang diberikan kepada individu atau keluarga di tingkat dasar, biasanya oleh dokter umum atau dokter gigi. Pelayanan ini mencakup berbagai masalah kesehatan dan bertujuan untuk menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan individu

Pelayanan KIA/KB

pelayanan kesehatan yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak, termasuk pelayanan Keluarga Berencana (KB). Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, serta menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Pelayanan Gawat Darurat Umum 24 jam & 7 hari seminggu

Instalasi Gawat Darurat (IGD) atau Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit. IGD/UGD adalah bagian dari rumah sakit yang menyediakan penanganan awal untuk pasien yang mengalami kondisi gawat dan darurat, dengan tujuan menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan.

Penyakit dalam

layanan medis yang ditujukan untuk mendiagnosis, mengobati, dan mencegah berbagai penyakit pada organ dalam tubuh manusia, terutama pada orang dewasa dan lansia. Dokter spesialis penyakit dalam (internis) memiliki keahlian dalam menangani berbagai kondisi kompleks yang melibatkan organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan sistem pencernaan.

Kesehatan anak

upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan anak, mulai dari bayi baru lahir hingga usia remaja. Tujuannya adalah memastikan anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, serta memiliki kualitas hidup yang baik. Pelayanan ini mencakup berbagai aspek, seperti pemantauan tumbuh kembang, imunisasi, penanganan penyakit, dan promosi kesehatan.

Bedah

tindakan medis yang melibatkan prosedur bedah (operasi) untuk mendiagnosis, mengobati, atau memperbaiki masalah kesehatan pada pasien. Pelayanan ini mencakup berbagai jenis operasi, mulai dari yang terencana (elektif) hingga yang mendesak (cito), dan ditangani oleh dokter bedah serta tim medis yang terlatih.

Obstetri dan ginekologi

cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada kesehatan reproduksi wanita, termasuk kehamilan, persalinan, dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita.

Anestesi

pelayanan medis yang berfokus pada pemberian anestesi (pembiusan) kepada pasien sebelum, selama, dan setelah prosedur medis atau pembedahan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan atau mengurangi rasa sakit, serta mengontrol fungsi tubuh pasien selama prosedur tersebut. Layanan ini mencakup konsultasi, manajemen anestesi, pemantauan pasien, dan penanganan nyeri.

Radiologi

Unit pemeriksaan pencitraan untuk membantu diagnosis, seperti rontgen, USG, CT scan, dan MRI. Ditangani oleh spesialis radiologi.

Patologi Klinik

cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis penyakit melalui pemeriksaan berbagai spesimen biologis seperti darah, urin, dan jaringan tubuh lainnya. Tujuannya adalah membantu dokter dalam mendiagnosis, memantau, dan mengobati penyakit.

Paru

Layanan yang menangani penyakit paru-paru dan sistem pernapasan, seperti asma, PPOK, TBC, dan pneumonia. Biasanya dilayani oleh spesialis paru (pulmonolog).

Saraf

layanan kesehatan yang berfokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan gangguan pada sistem saraf. Sistem saraf, yang meliputi otak, sumsum tulang belakang, dan saraf tepi, adalah jaringan kompleks yang mengendalikan berbagai fungsi tubuh, mulai dari gerakan hingga pemikiran.

Neurologi

Layanan yang menangani gangguan sistem saraf pusat dan perifer. Contohnya: stroke, epilepsi, Parkinson, migrain, dan sklerosis multipel. Dilayani oleh dokter spesialis saraf (neurolog).

Pelayanan farmasi

Unit yang menyediakan pengelolaan dan distribusi obat-obatan sesuai resep dokter, termasuk penjaminan mutu obat dan edukasi penggunaan obat kepada pasien.

Sterilisasi / CSSD

Bagian yang bertanggung jawab terhadap sterilisasi alat-alat medis dan bedah untuk memastikan bebas dari mikroorganisme. Penting untuk pencegahan infeksi nosokomial.

Rekam medis dan informasi kesehatan

Unit yang mengelola pencatatan, penyimpanan, dan pengelolaan data pasien dan pelayanan medis. Mendukung kelancaran administrasi dan pengambilan keputusan klinis.

Pemeliharaan Sarana, Prasarana dan fasilitas

Bagian yang bertugas memelihara infrastruktur fisik rumah sakit, termasuk bangunan, listrik, air, dan peralatan medis, agar selalu dalam kondisi operasional optimal.

Pengelolaan limbah / kesehatan lingkungan

Unit yang mengelola limbah medis dan non-medis sesuai standar kesehatan lingkungan. Termasuk pengolahan limbah B3, pengendalian vektor, sanitasi, dan kebersihan lingkungan rumah sakit.

Sistem informasi dan komunikasi / SIRS / IT

Menyediakan sistem informasi rumah sakit (SIRS), teknologi informasi (IT), dan jaringan komunikasi. Mendukung efisiensi operasional, pencatatan medis, dan pelayanan pasien secara digital.

Pemulasaran jenazah

Layanan perawatan jenazah, meliputi pemandian, pengkafanan, penyimpanan jenazah, hingga penyerahan kepada keluarga atau proses pemakaman sesuai standar medis dan agama.

Pelayanan Intensif PICU

Unit perawatan intensif khusus untuk anak-anak yang sakit kritis. PICU dilengkapi dengan peralatan medis canggih dan diawasi oleh tim dokter spesialis anak dan intensivis.

Resep Elektronik

Sistem digital yang memungkinkan dokter menuliskan resep secara elektronik, terintegrasi dengan sistem farmasi, untuk meningkatkan kecepatan, akurasi, dan keamanan dalam pemberian obat kepada pasien.

Laundry

Layanan pencucian linen rumah sakit seperti sprei, baju pasien, seragam tenaga medis, gorden, dan kain operasi. Sangat penting untuk mendukung sanitasi dan mencegah infeksi silang.

Jadwal dokter tidak ditemukan.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Jumlah
Dokter Umum 5
Kesehatan anak 1
Bedah 1
Obstetri & ginekologi 1
Apoteker 1
D3 Kebidanan 15
Nutrisionis 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *